:: :: Melayani Upgrade 4G, Ganti Kartu Hilang/Rusak, Pembelian Paket Internet Murah, Pasang baru Telkomsel Halo ::
1 / 3
Advertisement
2 / 3
Advertisement
3 / 3
Advertisement

Panduan Solusi Tidak Bisa Transaksi di Google Play Store dengan keterangan Telkomsel billing tidak tersedia / not eligible.


Tidak Bisa Transaksi di Google Play Store dengan keterangan Telkomsel billing tidak tersedia / not eligible? atau “You have insufficient balance, please top up your mobile account” ? padahal pulsa mencukupi dan untuk pengguna Kartu Halo limit masih ada, kok bisa ya?.


Meski jarang di temui namun kendala tersebut sangat menggangu pada saat akan melakukan pembelian item di Google Play Store. Untuk itu berikut kami sampaikan beberapa Panduan Solusi jika menemukan kendala Tidak Bisa Transaksi di Google Play Store dengan keterangan Telkomsel billing tidak tersedia / not eligible atau “You have insufficient balance, please top up your mobile account seperti diatas :

 

1. Cek status Nomor

  • Kartu Prepaid/Prabayar (SimPATI, Kartu As dan Loop) : Cek status masa aktif di *888#, pastikan bahwa kartu kamu masih dalam masa aktif, Jika nomor sudah tidak aktif, bisa dipastikan tidak bisa digunakan untuk melakukan pembelian.
  • Kartu Postpaid/Pascabayar (Kartu HALO) : Cek status pembayaran/pemblokiran, pastikan tagihan sudah terbayar/ tidak ada tunggakan. Untuk melakukan pembayaran Kartu Halo bisa melalui Aplikasi MyTelkomsel, LinkAja, Bank Transfer, Auto Debit maupun Asisten Virtual Veronika

2. Pastikan pulsa / Limit mencukupi dengan harga konten yang dibeli dan pastikan apakah sudah termasuk PPN 12%  (  10% untuk PPN dan 2% untuk biaya jasa)

  • Prepaid/Prabayar (SimPATI, Kartu As dan Loop) : Cek Pulsa melalui *888#
  • Postpaid/Pascabayar (Kartu HALO) : Cek Limit dan pemakaian sementara di *888# atau aplikasi MyTelkomsel

3. Jika kendalanya pilihan telkomsel billing tidak tersedia / not eligible di Google play Store, cara mengatasinya adalah dengan cara :

  1. Lakukan restart hp kemudian Update Plasy Store ke versi terbaru, dan jika menggunakan device yang dual simcard, di sarankan menggunakan SIM 1 untuk Datanya.
  2. Lakukan clear cache, clear data, dan force stop aplikasi google play (Pada menu setting ponsel android pelanggan - Aplikasi - cari app google play store - kemudian pilih clear cache dan clear data.
  3. Jika Masih terkendala, silahkan  lakukan remove metode pembayaran  di menu payment methods (Pada menu  payment methods kemudian pilih more payment settings lalu remove) ,setelah itu coba tambahkan kembali.
  4. Coba Lakukan transaksi kembali , jika masih berkendala sebagai pembanding gunakan email lain dan nomor lain.
  5. Jika Masih juga terkendala dapat menghubungi team support google melalui email ke googleplay-support@google.com  atau pihak developer kontennya jika pembelian langsung dari aplikasinya (cek di bagian informasi di applikasi yang bersangkutan)
  6. Semoga berhasil.

5. Jika keterangannya : "You have insufficient balance, please top up your mobile account" coba lakukan beberapa cara berikut :

  1. Cek limit pemakaian Kartu halo anda dan pulsa jika menggunakan Kartu Prepaid/Prabayar (SimPATI, Kartu As dan Loop), Pastikan pulsa mencukupi dengan harga konten yang dibeli dan pastikan apakah sudah termasuk PPN 12%  (10% untuk PPN dan 2% untuk biaya jasa)
  2. Jika limit/Pulsa mencukupi namun masih berkendala silahkan restart handphone dan close  play storenya  kemudian coba transaksi kembali
  3. Semoga berhasil.

Terimakasih

Baca Juga :

  1. Lindungi Anak Anda dari Konten Internet Berbahaya
  2. Update My Telkomsel 5.1/5.1.1 tidak bisa di temukan di Play store ?
  3. Aplikasi CloudMAX - Personal Cloud Storage Service