Kebijakan Mutu

Grapari Telkomsel berkomitmen melaksanakan Operational Excellence untuk
mencapai Great Customer Experience melalui Kemudahan, Kecepatan, dan
Konsistensi Layanan dengan semangat peningkatan yang berkesinambungan dan
senantiasa mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sistem Manajemen Mutu adalah jaringan dari proses-proses mutu yang berhubungan. Tiap proses menggunakan sumber daya untuk merubah input menjadi outputnya. Output dari salah satu proses akan menjadi input bagi proses lain. Jalinan tersebut terhubung bersama dan membentuk sebuah sistem.

Informasi Terdokumentasi adalah informasi yang harus dikontrol dan dipelihara oleh PT Telekomunikasi Selular, termasuk media yang memuat informasi. Media informasi terdokumentasi dapat berbentuk apapun termasuk kertas, soft file, video, email, dll

Kebijakan Mutu merupakan turunan dari visi dan misi PT Telekomunikasi Selular yang berkorelasi dengan mutu layanan.

Sasaran Mutu merupakan target mutu yang ingin dicapai oleh PT Telekomunikasi Selular, yang sesuai dengan harapan pelanggan.

Standar Operating Procedure merupakan alur kerja yang menjabarkan aktivitas yang dilakukan oleh dua atau lebih bagian untuk mencapai kesesuaian. Prosedur juga menjelaskan wewenang serta tanggung jawab masing-masing pelaksana proses.

Dokumen Pendukung dapat berupa Work Instruction, Form, serta dokumen lain yang mendukung kegiatan Sistem Manajemen Mutu di PT Telekomunikasi Selular.

Dokumen Eksternal dapat berupa Standar Nasional Indonesia, Surat Edaran, Keputusan Menteri, Peraturan, dan Undang-Undang yang mendukung kinerja proses serta merupakan prasyarat yang harus dipenuhi.

Catatan Mutu adalah bukti pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu yang efektif. Catatan mutu merupakan bukti objektif yang memperlihatkan kinerja sistem dan hasilnya.

Pengguna adalah semua pihak yang berkepentingan dengan Sistem Manajemen Mutu PT Telekomunikasi Selular.

Pelanggan adalah semua orang yang menerima barang/layanan dari PT Telekomunikasi Selular. Pelanggan dapat berasal dari luar atau dari dalam PT Telekomunikasi Selular sendiri. Pelanggan luar adalah perusahaan atau individu yang menjalin kerja sama dengan PT Telekomunikasi Selular.

Quality Management Representative (QMR)/Management Representative (MR) adalah bagian dari internal organisasi yang ditugaskan mengkoordinir Tim ISO untuk mengelola Sistem Manajemen Mutu secara efektif.

Document Controller (DC)/Pengendali Dokumen adalah anggota Tim ISO yang bertanggung jawab mengidentifikasi sampai dengan mendistribusikan dokumen dalam lingkup Sistem Manajemen Mutu PT Telekomunikasi Selular.

Kepuasan Pelanggan adalah persepsi pelanggan tentang derajat telah dipenuhinya persyaratan kepuasan pelanggan.

Perbaikan berkelanjutan adalah kegiatan berulang untuk meningkatkan kemampuan memenuhi persyaratan.

Perencanaan Mutu/Quality Plan adalah perencanaan yang sistematis sebagai kebijakan manajemen yang mempengaruhi mutu produk dan layanan.

Mampu telusur adalah kondisi dimana setiap identifikasi yang diberikan pada produk atau layanan dapat membuktikan keterkaitannya terhadap proses sebelumnya.

Verifikasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk membandingkan persyaratan dengan hasil proses, dimana persetujuan harus diberikan oleh penanggung jawab proses.

Tinjauan Ulang adalah kegiatan yang dihadiri oleh dua pihak atau lebih untuk menyamakan persepsi terhadap kemampuan pemenuhan persyaratan produk atau layanan.

Audit Mutu Internal adalah pemeriksaan yang dilakukan secara sistematis dan independen untuk menemukan bukti yang cukup bahwa Sistem Manajemen Mutu dilaksanakan dengan efektif dan memenuhi standar yang berlaku.

Koordinator Audit Mutu Internal adalah ketua audit internal yang mengkoordinir proses audit mutu internal yang ditunjuk oleh Quality Management Representative Area.

Desain adalah proses perencanaan bagaimana layanan di graPARI Telkomsel akan dijalankan sehingga dapat melebihi harapan pelanggan.

CTP Walk In / GraPARI Telkomsel adalah tempat layanan pelanggan dimana terjadi interaksi secara langsung antara pelanggan dan petugas layanan (CSR).

ISO 9001:2015.