:: Pelanggan YTH, kami sampaikan per Tgl 12 Agustus 2020, pembayaran Kartu Halo melalui Grapari akan di kenakan biaya Administrasi sebesar Rp. 20.000, agar tidak di kenakan biaya kami himbau untuk melakukan pembayaran melalui Channel Digital: ATM, Jaringan Retail (Alfamart/Indomaret), e-Money (LinkAja,Go-Pay,OVO dan DANA), MyGrapari, Mobile Banking, Kredivo, dll - Terimakasih.

Perpindahan Uang Elektronik Himbara ke LinkAja


Mulai tanggal 31 Maret 2019 Layanan Uang Elektronik Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) yaitu Mandiri e-cash, BRI T-bank & BNI UnikQu sudah bergabung ke layanan uang elektronik LinkAja.

Kalau nomor ponsel Anda tercatat memiliki akun uang elektronik tersebut di atas maka secara otomatis data dan dana yang tercatat akan digabungkan menjadi satu akun uang elektronik LinkAja dengan nomor ponsel yang sama.

Anda bisa mengecek perpindahan saldo melalui aplikasi LinkAja. Apabila belum memiliki aplikasi, segera download sekarang. 
 

FAQ

Bagaimana jika Anda mengalami kendala log in di aplikasi LinkAja? Seperti gagal mendapatkan kode verifikasi (OTP) dan gagal input PIN, Maka silahkan lakukan beberapa hal berikut :
  1. Lakukan kill application (Tutup aplikasi LinkAja pada background).
  2. Jika masih berkendala, silahkan cek pengaturan (setting) di smartphone >> lalu pilih tanggal & jam (date & time) >> lalu matikan (disable) mode Automatic lalu nyalakan kembali (enable) mode Automatic tersebut.
  3. Jika masih berkendala, lakukan uninstall terlebih dahulu, kemudian install ulang aplikasi LinkAja.
Mengapa Anda mendapatkan SMS dengan info bahwa perpindahan saldo ke LinkAja tidak berhasil?
Tenang saja, saldo uang elektronik sebelumnya dipastikan aman berada di LinkAja. LinkAja akan terus mencoba memindahkannya secara berkala. Untuk mengetahui solusinya cek ilustrasi perpindahan saldo sebagai berikut :

Untuk upgrade menjadi Full Service, silahkan kunjungi GraPARI terdekat.
Apa itu LinkAja?
LinkAja adalah sinergi dari layanan uang elektronik TCASH milik PT Telekomunikasi Selular (“Telkomsel”) dengan uang elektronik yang dimiliki oleh Himbara (Himpunan Bank Negara), yaitu, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., dengan merek e-cash, PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. dengan merek UnikQu, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., dengan merek T-Bank menjadi satu produk uang elektronik yang diterbitkan dan dioperasikan oleh PT Fintek Karya Nusantara (Finarya).

Mengapa uang elektronik yang diterbitkan oleh Himbara berubah menjadi LinkAja?
Penyatuan layanan ini upaya sinergi uang elektronik yang diterbitkan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dengan bersatunya semua layanan dalam satu platform, yaitu LinkAja, maka diharapkan dapat menghadirkan layanan yang lebih lengkap dan lebih baik.

Bagaimana mekanisme perpindahan akun uang elektronik Himbara ke LinkAja?
Sebagaimana yang telah diinformasikan oleh Himbara sebelumnya, bahwa akan ada perpindahan data dan saldo yang sebelumnya tercatat di bank penerbit menjadi uang elektronik LinkAja. Maka pada 31 Maret 2019, semua akun uang elektronik Himbara yang didaftarkan dengan nomor telepon seluler yang sama akan diidentifikasikan sebagai satu akun uang elektronik yang sama. Kemudian data dan dana yang tercatat di sistem Himbara akan secara otomatis dipindahkan menjadi akun uang elektronik LinkAja. Pengguna yang telah memiliki akun LinkAja dapat mengecek perpindahan saldo melalui aplikasi LinkAja. Apabila pengguna belum memiliki akun LinkAja maka segera Download aplikasi LinkAja dan aktifkan akun LinkAja menggunakan nomor ponsel yang sama dengan uang elektronik yang dimiliki sebelumnya.

Adakah benefit lebih bagi Pelanggan yang bisa didapat dari LinkAja?
LinkAja akan menyediakan banyak promosi dan rewards menarik bagi Pelanggan. Promosi dan rewards ini akan dapat dinikmati oleh Pelanggan yang bersedia memindahkan akun uang elektronik Himbara ke akun LinkAja.

Apa yang terjadi dengan saldo uang elektronik Himbara setelah berubah menjadi LinkAja?
Saldo uang elektronik Himbara akan dipindahkan secara otomatis menjadi saldo di akun LinkAja dengan nilai yang sama. Apabila pelanggan sebelum masa perpindahan ini sudah mempunyai akun LinkAja, maka saldo dari akun lainnya yang memiliki nomor ponsel yang sama akan terakumulasi sesuai ketentuan yang berlaku. Anda bisa mengecek perpindahan saldo melalui aplikasi LinkAja. Apabila belum memiliki aplikasi, segera download sekarang di : 8. Kapan Pelanggan bisa mulai download aplikasi LinkAja? Pelanggan dapat melakukan download aplikasi LinkAja saat ini melalui Google Play Store (Android) dan App Store (iOS). Lalu masuk dengan cara membuat akun baru, jika sebelumnya belum memiliki aplikasi LinkAja atau melanjutkan dengan masuk menggunakan akun LinkAja yang sudah ada.

Apabila Pelanggan tidak download aplikasi LinkAja, apakah Pelanggan tetap bisa melakukan transaksi menggunakan channel uang elektronik sebelumnya?
Layanan uang elektronik sebelumnya (Mandiri e-cash, BNI UnikQu, BRI T-Bank) sudah tidak dapat digunakan.

Apabila Pelanggan tidak bersedia melakukan pemindahan dari uang elektronik Himbara menjadi Pelanggan LinkAja, apa yang dapat Pelanggan lakukan?
Bagi pelanggan uang eletronik Himbara yang tidak bersedia berpindah ke LinkAja, maka dapat mengunjungi GraPARI terkait untuk proses penutupan akun.

Apa yang terjadi jika pengguna uang elektronik Himbara tidak mengaktifkan akun LinkAja?
Pengenal akun uang elektronik adalah nomor ponsel sehingga hanya nomor ponsel yang sama yang pernah tercatat di penerbit uang elektronik sebelumnya yang akan disatukan. Dalam hal pengguna setelah tanggal 31 Maret 2019 sampai dengan tanggal 30 Juni 2019 tidak mengaktifkan akun LinkAja melalui aplikasi LinkAja maka pengguna menyatakan setuju bahwa akun yang tergabung akan ditangguhkan dan diarsipkan secara sistem dan hanya dapat diklaim pengguna dengan membuktikan kepemilikan akun sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku melalui titik kontak layanan LinkAja (GraPARI)