:: :: Melayani Upgrade 4G, Ganti Kartu Hilang/Rusak, Pembelian Paket Internet Murah, Pasang baru Telkomsel Halo ::
1 / 3
Advertisement
2 / 3
Advertisement
3 / 3
Advertisement

Internet Lemot, Sinyal Putus-Putus, Jaringan tidak stabil, Lakukan Cara berikut untuk Mengatasinya.


Sebagai penyedia layanan operator, Telkomsel memiliki tanggung jawab untuk memastikan ketersediaan, kapasitas, dan kualitas jaringan semakin baik. Telkomsel memiliki komitmen untuk terus menjaga Quality of Service (QoS) yang diukur berdasarkan lima parameter, yakni download throughput, upload throughput, latency, packet loss, dan jitter.

  1. Download throughput : kecepatan unduh
  2. Upload throughput : kecepatan unggah
  3. Jitter : ukuran variabilitas dalam delay pada setiap periode waktu. Jitter dapat diamati sebagai karakteristik frekuensi yang berturut-turut bergerak secara periodik saat pengiriman data
  4. Latency atau delay : waktu yang dibutuhkan pengiriman suatu data dari tempat asal sampai ke tujuan diukur dengan satuan mili detik
  5. Packet loss : indikator total paket data yang hilang akibat dari kolisi yang terjadi ketika proses transmisi dari suatu data yang melewati suatu jaringan gagal mencapai tujuannya

Saat mengalami gangguan koneksi layanan data seperti Internet Lemot, Sinyal putus-putus, Jaringan tidak stabil, tidak mendapatkan sinyal dan sebagainya, lakukan beberapa cara berikut sebelum menghubungi Customer Service.


Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasi masalah jaringan dan memperbaiki koneksi secara mandiri:

 

1. Perhatikan lokasi dan posisi pada saat menggunakan SmartPhone.

Pastikan lokasi kamu sudah aman untuk menangkap sinyal dan tidak terhalang oleh bangunan bertembok tebal atau berada di dalam basement. Jika di sekitar kamu ada bangunan baru yang menghalangi smartphone saat menangkap sinyal, kamu bisa coba untuk berpindah ke lokasi lain.


Faktor lokasi dan posisi pelanggan bisa sangat berpengaruh pada koneksi sinyal. Pemancar internet bisa fading dan tidak lagi kuat mengirim sinyal hingga full bar apabila lokasi pelanggan terhalang oleh gedung dengan tembok yang tebal atau saat posisi pelanggan sedang berada di dalam basement.

 

2. Refresh sinyal SmartPhone agar layanan data kembali aktif.

Ada kalanya status bar sinyal penuh tapi “bengong” atau tidak ada aktivitas pertukaran data (Indikator data tidak muncul ). Yang bisa kamu lakukan adalah mengaktifkan airplane mode selama beberapa detik sebelum kembali menonaktifkannya. Kamu juga bisa melakukan restart pada smartphone untuk mengatasi hang atau lag pada sinyal.

 

3. Tutup aplikasi di SmartPhone yang sudah tidak kamu gunakan.

Kamu juga perlu pastikan tidak ada aplikasi yang lupa ditutup dan masih berjalan di background. Pastikan semua aplikasi yang sudah tidak terpakai sudah ditutup dengan sempurna.

Memori smartphone atau RAM ternyata juga bisa mempengaruhi koneksi, lho. Kadang kita lupa untuk menutup aplikasi sehingga aplikasi tersebut tetap berjalan di background. Hal ini bisa membuat smartphone kamu overheat atau sering nge-hang sehingga dapat berpengaruh terhadap pengiriman data atau koneksi internet. Apabila smartphone memiliki kendala tertentu, kinerja perangkat saat mengirimkan sinyal data bisa jadi mengalami penurunan, meski sinyal bar di smartphone terlihat penuh.

 

4. Cek aplikasi dan situs web yang kamu gunakan di SmartPhone.

Jika kendala koneksi internet hanya terjadi saat kamu mengakses salah satu aplikasi atau situs web, coba buka aplikasi atau situs web lain sebagai pembanding.


Sebuah aplikasi umumnya berjalan dengan menggunakan server. Nah, kalau tiba-tiba kamu merasa kecepatan internet kamu melambat saat menggunakan aplikasi tertentu, penyebabnya bisa jadi dari server aplikasi yang sedang penuh atau overload.


Baca juga : Telkomsel Redi memudahkan Nasabah Bank melakukan transaksi keuangan perbankan dengan lebih dari satu bank


Kejadian ini belum tentu berlaku untuk semua aplikasi. Ada kalanya internet yang lambat tadi hanya dirasakan di satu aplikasi. Misalnya, ketika kamu buka aplikasi A internetnya lemot, tapi ketika buka aplikasi B atau C internetnya lancar. Itu bisa jadi server aplikasi A sedang kelebihan kapasitas.

 

5. Pastikan kualitas SmartPhone cukup memadai.

Periksa usia smartphone yang kamu gunakan. Rata-rata smartphone masih layak pakai hingga lima tahun dari tahun produksi. Sebaiknya ganti smartphone kamu dengan yang tahun produksinya lebih baru.


Kualitas atau umur smartphone juga sangat berpengaruh. Dalam hal ini,  modem chip dalam smartphone berperan penting dalam menangkap sinyal dan koneksi internet. Semakin lama usia modem chip dalam smartphone, sensitivitas antena untuk menangkap sinyal semakin menurun. Misalnya, jika smartphone kamu diproduksi tahun 2015, maka bisa jadi di tahun 2021 ini kamu mulai mengalami gangguan koneksi

 

6. Periksa kondisi SIM card / Fisik kartu SIM.

Jika usia SIM card sudah lebih dari tiga tahun atau bagian chip-nya sudah memiliki banyak goresan, ada baiknya untuk mengganti kartu tersebut dengan yang baru. SIM card baru akan membuat kualitas penangkap sinyal di smartphone kamu berfungsi optimal seperti semula.

 

Penggunaan SIM card yang sudah lama dan tidak diperbarui juga bisa berdampak pada lambatnya konektivitas. Penggunaan SIM card umumnya dapat bertahan hingga tiga tahun atau lebih. Namun, ada beberapa kasus umur SIM card yang singkat dikarenakan sering gonta ganti SIM card. Pasang cabut kartu SIM akan berpengaruh terhadap usia sirkuit SIM card itu sendiri.

 

7. Pastikan kuota data masih tersedia

Cek sisa kuota kamu melalui aplikasi MyTelkomsel, situs web MyTelkomsel, UMB di *888#, atau Asisten Virtual Telkomsel dengan cara ketik "Cek Kuota". Kalau Kuota kamu sudah habis, silakan membeli paket terlebih dahulu

 

8. Upgrade kartu kamu ke 4G.

Saat ini kamu masih memakai jaringan 3G? Kami sarankan untuk segera beralih ke 4G Jika koneksi kamu sering bermasalah karena masih menggunakan 3G, maka 4G adalah jawaban dari masalah kamu. Kapasitas 3G jauh lebih kecil dan koneksinya pun tidak secepat 4G. Dengan beralih ke 4G, jaringan menjadi lebih luas dan koneksi pun akan jauh lebih cepat dan stabil.

 

Apabila kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas tapi koneksi internetmu masih terkendala, silakan hubungi kami melalui berbagai kanal pelayanan pelanggan berikut :

  1. Asisten Virtual Telkomsel :
    • WhatsApp : +62811 1111 1111
    • LINE: tsel.me/lineVA
    • Telegram: tsel.me/telegramVA
    • Facebook Messenger: tsel.me/facebookVA
  2. Situs Web Telkomsel: www.telkomsel.com
  3. MyTelkomsel
  4. email cs@telkomsel.co.id
  5. call center 24 jam di 188
  6. GraPARI terdekat

Referensi : telkomsel.com

Baca Juga :

  1. Segera Upgrade Kartu ke Kartu 4G dan Nikmati kecepatan arus Suara, Data dan Multimedia lebih Tinggi.
  2. Daftar Alamat Lengkap Grapari Telkomsel yang bisa di kunjungi di Area Kalimantan.
  3. Solusi tidak bisa browsing padahal sudah Connected.