:: :: Melayani Upgrade 4G, Ganti Kartu Hilang/Rusak, Pembelian Paket Internet Murah, Pasang baru Telkomsel Halo ::
1 / 3
Advertisement
2 / 3
Advertisement
3 / 3
Advertisement

Solusi untuk pelanggan Telkomsel yang terkena dampak peningkatan Layanan 3G to 4G (Shutdown 3G)


Jaringan 3G siap dimatikan di Indonesia. Telkomsel mendorong para pelanggan yang masih menggunakan layanan 3G untuk segera beralih 4G/LTE. Masyarakat yang akan melakukan migrasi ke uSIM 4G harus mengecek lebih dulu ketersediaan jaringan 4G di wilayahnya. Selain juga dukungan 4G pada perangkat yang digunakan.

Kenapa harus sinyal 3G, dan bukan 2G yang teknologinya jelas jelas lebih lama. Menurut Menkominfo, layanan 2G sampai saat ini masih dibutuhkan masyarakat, khususnya untuk keperluan telepon, Selain itu, secara perkembangan teknologi 5G masih belum terlalu luas pasarnya karena masih ada 4G. Tapi jika dibandingkan dengan 4G, 3G jauh lebih lambat.


"Berbeda dengan 2G itu suara, sehingga tetap dipertahankan karena masih ada HP masyarakat yang menggunakan, sedangkan 3G sudah ada alternatifnya bisa menggunakan 4G," ujar Johnny saat ditemui di Kantor Kominfo, Senin (28/3/2022).


Dalam keterangan resminya, pihak Telkomsel mengatakan pengecekan tersebut bisa dilakukan lewat USSD Menu Browser (UMB) di *888*47#.


Baca juga : IsiPulsa, Ganti Kartu atau Bayar Telkomsel Halo ingat MyGraPARI, mesin Layanan Mandiri Telkomsel


Untuk menukarkan kartu SIM ke uSIM 4G, Telkomsel membuka berbagai kanal. Mulai dari online dengan mengakses akun resmi media sosial Facebook dan Twitter, Virtual Assistant (VA) Telkomsel, dan mitra e-commerce (Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan JD.id).


Selain itu juga bisa mengunjungi layanan Grapari online pada tsel.me/graparionline. Dengan menggunakan layanan tersebut, kartu uSIM 4G/LTE pengguna akan diantarkan langsung ke alamat tujuan.


Penggantian kartu uSIM 4G/LTE ini juga bisa dilakukan secara offline. Masyarakat dapat langsung mengunjungi Grapari atau layanan Mygrapari terdekat.


Baca juga : Pastikan kartu Telkomsel kamu sudah 4G, Cek yuk ?


"Guna memastikan kelancaran proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE ini, Telkomsel sendiri telah memulai proses persiapan sejak 2021 lalu, dengan sukses melakukan penataan ulang (refarming) pita frekuensi 2.3 GHz untuk memaksimalkan penguatan kapasitas dan kualitas jaringan 4G/LTE yang ada. Selain itu, Telkomsel bersama BAKTI Kominfo juga sukses melakukan pengalihan seluruh ribuan BTS Universal Service Obligation (USO) di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) di sepanjang 2021 agar terhubung ke jaringan 4G/LTE Telkomsel," kata Direktur Network Telkomsel, Nugroho, dikutip Senin (28/3/2022).


"Telkomsel juga telah mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI untuk melanjutkan membangun 7.772 BTS USO 4G di wilayah 3T hingga akhir 2022, untuk mewujudkan pemerataan dan kesetaraan akses broadband terdepan yang akan membuka lebih banyak peluang penguatan ekosistem digital yang inklusif hingga pelosok negeri".


Proses peningkatan atau pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE ini dilakukan pada 504 kota/kabupaten. Seluruh proses tersebut akan dilakukan secara bertahap hingga akhir 2022 mendatang.


Kapan proses Shutdown 3G Telkomsel di laksanakan ?

Proses Shutdown 3G Telkomsel sebagai langkah peningkatan Layanan 3G to 4G akan di lakukan secara bertahap sebagai berikut :


Tahapan I dilakukan Maret-Mei 2022 pada 90 kota/kabupaten, mencakup 766 kecamatan. Tahap berikutnya Juni-Juli 2022 pada 132 kota/kabupaten. Lalu Agustus hingga Oktober 2022 dilakukan pada 178 kabupaten/kota. Terakhir adalah 104 kabupaten/kota di bulan November hingga Desember 2022.

(Sumber : www.cnbcindonesia.com)


Dampak dari hal tersebut akan berpengaruh ke layanan network pelanggan khususnya di daerah yang masuk dalam tahap proses, salah satunya akan hilang sinyal 3G dan dimana site tersebut sudah discover jaringan 4G.


Solusi untuk pelanggan Telkomsel yang terkena dampak peningkatan Layanan 3G to 4G (Shutdown 3G) adalah :

  1. Dilakukan refresh device dan menggunakan jaringan otomatis di 4G (tidak manual) sehingga jaringan yang digunakan adalah 4G (bagi USIM 4G).
  2. Jika device tidak support sinyal 4G, setting device agar menggunakan jaringan 2G.
  3. Dilakukan refresh network di Grapari atau restart device jika tidak dapat melakukan pemilihan jaringan secara manual.
  4. Dilakukan ganti kartu ke USIM 4G melalui website mytelkomsel, datang ke grapari atau melalui MyGrapari.

Baca Juga :

  1. Data Seluler tidak muncul padahal sudah aktif pastikan konfigurasi APN (Access Point Name) sudah benar.
  2. Mengenal lebih dalam seputar Teknologi Jaringan 5G Telkomsel di Indonesia
  3. Internet Lemot, Sinyal Putus-Putus, Jaringan tidak stabil, Lakukan Cara berikut untuk Mengatasinya.