:: :: Melayani Upgrade 4G, Ganti Kartu Hilang/Rusak, Pembayaran Kartu Halo, Pembelian Paket Internet Murah, Pasang baru Kartu Halo ::

Waspada "Wangiri Fraud" Hati Hati Penipuan jika ada Missed Call dari Luar Negeri


Baru baru ini ada pelanggan mengeluhkan tagihan Kartu Halonya tiba tiba membengkak, tidak sperti bulan bulan sebelumnya, setelah di cek ternyata beliau ada panggilan ke luar negeri dengan tariff premium, namun setelah di konfirmasi ybs tidak merasa melakukan panggilan ke nomor – nomor tesebut.

Tagihan Bill Kartu Pascabayar Operator


Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia ( Kominfo ) pernah menyampaikan bahwa bahwa missed call tidak dikenal yang berasal dari luar negeri itu bisa jadi merupakan bagian dari unsur penipuan atau yang lebih dikenal dengan scam.


Jika Anda terpancing melakukan panggilan balik ke nomor yang diterima itu, maka kerugian pertama adalah bakal kena tarif mahal, karena itu merupakan sambungan langsung internasional.

Himbauan Kominfo


Nah, jika nomor tersebut termasuk layanan premium, kerugian lainnya yaitu Anda bakal terkena beban biaya tambahan yang nilainya tidak sedikit, yang akhirnya biaya tersebut masuk ke kantong si penipu.


Penipuan telepon, atau lebih umum penipuan komunikasi, adalah penggunaan produk atau layanan telekomunikasi dengan tujuan memperoleh uang secara ilegal dari, atau gagal membayar, perusahaan telekomunikasi atau pelanggannya.


Panggilan telepon seperti ini biasanya disebut sebagai wangiri fraud. Tujuannya yaitu membuat penasaran si penerima missed call tersebut, sehingga melakukan panggilan balik ke nomor tersebut.


Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto menyatakan, ada sejumlah kode nomor telepon internasional yang biasa digunakan untuk melakukan penipuan dengan modus one missed call atau scam wangiri. Wasisto mengatakan, sebagian besar menggunakan kode +261 (Madagaskar) dan +242 (Kongo), Komoro (+269), Liberia (+231), Tunisia (+216) dan Kepulauan Cook (+682). Sumber : tirto.id

 

Berikut Tips agar kita terhindar dari Wangiri Fraud :

  1. Cek Prefiks / Awalan nomor yang memberikan missed call melalui mesin pencari di internet seperti google
  2. Jika teryata nomor international, cek dan pastikan nomor tersebut anda kenali.
  3. Jika tidak Familiar, jangan tekan nomor missed call tersebut apalagi melakukan panggilan balik
  4. Gunakan aplikasi Call Blocker untuk memblokir nomor – nomor tidak di kenal 

Baca juga :

  1. Waspada Penipuan mengatasnamakan TELKOMSEL
  2. Berikut Hal Hal yang harus kita lakukan ketika Akun WhatsApp Di Hack
  3. Hindari Penyalahgunaan kode OTP MyTelkomsel