:: :: Melayani Upgrade 4G, Ganti Kartu Hilang/Rusak, Pembelian Paket Internet Murah, Pasang baru Telkomsel Halo ::
1 / 3
Advertisement
2 / 3
Advertisement
3 / 3
Advertisement

Bukan Kode Rahasia Telkomsel dan wajib semua pelanggan tau, apa itu ?


Dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, Telkomsel selalu menanamkan prinsip customer-centricity, termasuk saat menghadirkan aplikasi MyTelkomsel. Aplikasi one-stop solution ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam mengakses berbagai layanan Telkomsel, mulai dari pembelian pulsa dan paket internet, mengecek pulsa, transfer pulsa, dan sebagainya.

Namun, tahukah kamu kalau selain menggunakan aplikasi MyTelkomsel, kamu dapat mengakses layanan Telkomsel melalui channel lainnya? Ya, di samping melalui aplikasi MyTelkomsel, kamu bisa memenuhi kebutuhan komunikasimu dengan mengakses layanan berikut :

  1. menu UMB
  2. Asisten Virtual Telkomsel
  3. Grapari
  4. Mitra Telkomsel (TAP=TELKOMSEL AUTHORIZED PARTNER)

Berbicara mengenai layanan pembelian pulsa, paket data, hingga transfer pulsa, selain menggunakan MyTelkomsel, sejatinya pelanggan Telkomsel bisa memanfaatkan layanan lain yang disediakan, salah satunya melalui akses UMB.


UMB yang merupakan singkatan dari USSD (Unstructured Supplementary Service Data) Menu Browser adalah layanan yang disediakan oleh operator telekomunikasi, seperti Telkomsel, kepada pelanggannya untuk mendapatkan sejumlah informasi yang dibutuhkan. Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan menu UMB ini, di antaranya:

  1. Transaksi lebih mudah dan cepat
  2. Tidak membutuhkan kuota internet
  3. Dapat dilakukan meski sudah masuk masa tenggang
  4. Tidak dikenakan biaya alias gratis

Untuk dapat mengakses produk dan layanan Telkomsel yang ada di menu UMB, pelanggan dapat memasukkan kode pada dial pada ponsel. Berikut adalah beberapa kode UMB Telkomsel yang dapat diakses pelanggan:

 

*444#


Untuk bisa menggunakan layanan kartu prabayar kamu, pastikan nomor kamu sudah ter Registrasi dengan benar sesuai data NIK dan Nomor KK yang asli, menu ini digunakan untuk melakukan Register atau Unregister nomor Prabayar dengan melakukan dial kamu akan diminta memasukkan nomor NIK dan Nomor KK sebagai syarat Registrasi.

 

*888#


Kode UMB yang satu ini dihadirkan untuk mengakomodir pelanggan, baik prabayar atau pascabayar, dalam melakukan pengecekan pulsa dan kuota. Nantinya ada sejumlah informasi yang ditampilkan ketika membuka kode *888#, seperti transaksi terakhir, cek status, cek kuota, dan info & tagihan.

 

*363#


Bagi pelanggan yang ingin melakukan pembelian paket internet, kamu bisa menghubungi menu *363#. Ada beberapa informasi yang bisa kamu dapatkan dengan membuka kode tersebut, mulai dari penawaran promo, aktivasi paket internet, pembelian ekstra kuota dan paket kebutuhan hiburan (MAXstream, MusicMAX, GamesMAX), cek status kuota internet, serta berhenti berlangganan. Khusus untuk pelanggan pascabayar, kamu juga bisa mengirimkan hadiah paket internet kepada pelanggan prabayar lainnya.

 

*132#


Untuk kamu yang memiliki voucher internet , bisa menggunakan layanan umb berikut untuk melakukan Aktivasi voucher internet khusus kartu SimPATI dan Kartu AS.

 

*858#

 

Menu UMB yang satu ini dihadirkan sebagai sarana pelanggan Telkomsel untuk berbagi atau transfer pulsa ke sesama pelanggan. Selain transfer pulsa, informasi lainnya yang bisa kamu dapatkan melalui menu *858# ini adalah minta pulsa, Auto TP (Transfer Pulsa), Delete Auto TP, List Auto TP, dan Cek Kupon Undian Telkomsel POIN.

 

*266# (prabayar) dan *111# (pascabayar)


Kamu ada rencana untuk pergi ke luar negeri? Kalau begitu jangan lupa aktifkan paket international roaming. Caranya adalah dengan pergi ke menu *266# untuk pelanggan prabayar atau *111# untuk pelanggan pascabayar. Ada sejumlah paket roaming yang bisa kamu nikmati, seperti RoaMAX (up to 100GB), RoaMAX Umrah/Haji, RoaMAX Asia Australia, RoaMAX Western, RoaMAX Continent, Reservasi & Gift, dan SLI. Kamu juga bisa melakukan pengecekan status dan info roaming.

 

*808# (Cek Nomor)


Lupa dengan nomor Telkomsel kamu? Dengan menu UMB di atas kamu bisa tahu berapa nomor Telkomsel kamu. Namun, untuk cek nomor, kamu akan dikenakan tarif Rp 100 sudah include ppn.

 

*999# (Paket Voice SimPATI)


Buat kamu yang aktif melakukan panggilan telepon/voice, kamu bisa memilih paket voice dengan menu UMB *999#. Ada berbagai macam pilihan paket, mulai dari 7 hari (sepuasnya), 15 hari/1.300 menit, 30 hari/2.100 menit, dan lainnya.

 

*100# (Paket Voice di Kartu As)


Khusus untuk pengguna Kartu As, kamu bisa mengakses menu UMB *100# untuk pembelian paket telepon. Beberapa kode UMB yang bisa diakses, di antaranya seperti *100*50# untuk Paket Nelpon Wow, *100*10# untuk Paket Nelpon Jagoan Serbu, dan lainnya.

 

*567# (Paket Loop)


Bagi kamu pelanggan Loop, Telkomsel menyediakan berbagai macam paket internet menarik yang bisa diakses melalui *567#. Dengan mengakses menu UMB tadi, kamu bisa mendapatkan penawaran berupa paket 17 GB combo UL seharga Rp75 ribu, paket 13 GB combo UL seharga Rp58 ribu, paket 5,5 GB combo seharga Rp40 ribu, dan penawaran menarik lainnya.

 

*700# (Telkomsel POIN)

 

Telkomsel POIN merupakan bentuk reward dari Telkomsel kepada pelanggan setia. POIN ini dapat ditukar dengan berbagai macam penawaran menarik. Selain dipakai untuk mengecek jumlah POIN yang kamu punya, kode UMB *700# bisa dipakai untuk menukarkan POIN serta cari tahu info merchant yang berpartisipasi.

 

*500# (Layanan VAS dan konten)

 

Menu UMB *500# adalah menu di mana kamu bisa mendapatkan informasi seputar layanan VAS (Value Added Service) dan konten dari Telkomsel. Konten menarik yang dimaksud antara lain, pengingat sholat, Magic Call, berlangganan film seru di Bioskop MAXstream, dan lainnya.

 

*121# (Aktivasi dan Deaktivasi Nada Sambung Pribadi)

 

Bagi pengemar musik dan bosan dengan nada sambung yang biasa biasa saja, kamu bisa menggunakan layanan Telkomsel ini untuk memberikan Nada Sambung Pribadi (NSP) ke nomor kamu dengan music favorite kamu tentunya. Juga melalui menu UMB ini kamu bisa sekaligus menonaktifkannya jika suatu saat kamu ingin berhenti berlangganan NSP (Nada Sambung Pribadi)

 

*337# (Layanan IMEI)

 

Untuk memastikan bahwa IMEI kamu terdaftar di Kemenperin kamu bisa menggunakan menu umb berikut untuk melakukan pengecekan IMEI Handphone kamu, Namun kode akses untuk UMB *337# saat ini bersifat sementara dan dimungkinkan akan berubah sesuai dengan kebijakan yang akan ditetapkan oleh Pemerintah

Daftar UMB di atas adalah sebagian dari kode UMB Telkomsel yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan kamu sebagai pelanggan Telkomsel. Informasi lebih lanjut mengenai layanan pelanggan dapat menghubungi :

  1. Call center 24 jam di 188
  2. GraPARI terdekat
  3. email : cs@telkomsel.co.id
  4. Twitter @telkomsel
  5. Instagram @telkomsel
  6. Asisten virtual Telkomsel (Telegram, WhatsApp, LINE, dan Facebook Messenger Telkomsel)

Referensi : telkomsel.com

Baca Juga :

  1. Program Pemblokiran IMEI dari Pemerintah 18 April 2020
  2. Cara Aktivasi dan Deaktivasi fitur GPRS via UMB
  3. Layanan Islami Penuh Manfaat: Muslim Plus