:: :: Melayani Upgrade 4G, Ganti Kartu Hilang/Rusak, Pembelian Paket Internet Murah, Pasang baru Telkomsel Halo ::
1 / 3
Advertisement
2 / 3
Advertisement
3 / 3
Advertisement

19 Wisata Banjarbaru yang menarik untuk di kunjungi


Kota Banjarbaru memiliki luas 371,38 km2 dan terletak antara 3'25'40" sampai dengan 3'28'37" Lintang Selatan dan 114'41'22" sampai dengan 114'54'25" Bujur Timur dengan batas sebagai berikut :

  • Sebelah Utara: berbatasan dengan Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar
  • Sebelah Timur: berbatasan dengan Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar
  • Sebelah Barat: berbatasan dengan Kecamatan Gambut dan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar
  • Sebelah Selatan: berbatasan dengan Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut

 

Kota Banjarbaru di pimpin oleh Bpk. H. M. Aditya Mufti Ariffin dan Bpk. Wartono sebagai Walikota dan Wakil Walikota Banjarbaru periode 2021 – 2024.

 

Kota Banjarbaru memiliki banyak pesona wisata Bersih, Indah dan Nyaman yang menarik untuk kita kunjungi, berikut ada terdapat 19 Tempat wisata di kota banjarbaru :

 

1. Danau Kota Citra

Danau Kota Citra

Lokasi dari Danau Wisata Kota Citra Graha berada di dalam komplek perumahan elit Kota Citra Graha, tepatnya di Jalan A. Yani, KM 17, Kec. Gambut, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Dari pusat Kota Banjarbaru hanya butuh waktu tempuh selama 15 hingga 20 menit dengan jarak perjalanan sekitar 15 km.

 

2. Embung Sidodadi

Embung Sidodadi

Wisata embung Sidodadi ini berada di tengah kota, di kawasan Jalan Sidodadi ujung, tembus Jalan Sidorejo, Kelurahan Loktabat Selatan. Embung ini jadi idola juga bagi yang hobi mancing. Wisata Embung ini tidak jauh dari pusat kota. Untuk bisa sampai ke lokasi ini, bisa melalui Jalan Sidodadi 2. Hanya beberapa menit, sudah bisa sampai ketempat mempesona ini.

 

3. Kampung Pejabat

Kampung Pejabat

Kampung Pejabat adalah kampung tematik yang berada di Kelurahan Loktabat Selatan. Kampung Pejabat sendiri merupakan singkatan dari “Kampung Pengolah Jamu Loktabat “ yang berada di Kota Banjarbaru. Kampung Pejabat berada di Jalan R O Ulin Gang Baru RT 06 RW 02 Kelurahan Loktabat Selatan Kecamatan Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru.


Nama Kampung Pejabat tercetus lahir dari ide dan inisiatif warga di sana, karena mayoritas warga di sana berprofesi sebagai pengolah dan penjual jamu sehingga tercetuslah nama Kampung Pejabat.

 

4. Kolam renang Idaman

Kolam Renang Idaman

Kolam renang idaman merupakan milik Pemerintah Kota Banjarbaru. Terletak di Jalan Taman Gembira Kelurahan Loktabat Selatan Kecamatan Banjarbaru Selatan, mencari lokasi kolam renang cukup mudah, karena hanya berjarak sekitar 100 meter dari Jalan A Yani.

 

Kolam renang ini bertarif murah, mulai dari Rp 5.000 per orang untuk anak kecil, Rp 7.500 untuk orang dewasa dan Rp 10 ribu saat weekend.

 

5. Lapangan Murjani

Lapangan Murjani

Lapangan Murjani bisa dikatakan sebagai alun-alunnya kota Banjarbaru.  Lokasinya tepat berseberangan dengan Balaikota. Lapangan Murjani  merupakan lapangan dengan multi fungsi, terkadang sebagai tempat upacara, di hari yang lain berubah menjadi arena balap ( Road Race), di hari yang lain lagi menjadi tempat digelarnya event berskala lokal maupun nasional seperti pameran Banjarbaru Fair, pameran Book Fair, dll.

 

6. Kampung Iwak

Kampung Iwak

Kampung iwak yang terletak di Kelurahan Mentaos dicanangkan sebagai Kampung Mandiri Perikanan. Kampung Iwak Mentaos juga menjadi salah satu destinasi wisata di daerah perkotaan.  Kampung Iwak Mentaos sudah ada sejak tahun 1992, letaknya di RT 01 RW 03 Kel Mentaos Kota Banjarbaru.

 

7. Hutan Pinus

Hutan Pinus Mentaos

Hutan Pinus Mentaos terletak di Jalan Pangeran Suriansyah Ujung, Kelurahan Komet, Kota Banjarbaru. Hutan Pinus Mentaos kini jadi salah satu destinasi wisata kekinian paling banyak diburu. Kehadiran Hutan Pinus Mentaos ini semacam peneduh dan paru-paru lingkungan di kota Banjarbaru.

 

8. Museum Lambung Mangkurat

Museum Lambung Mangkurat

Museum Lambung Mangkurat adalah suatu museum provinsi Kalimantan Selatan yang terletak di kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Museum Lambung Mangkurat ini terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani km 36 Kota Banjarbaru 70711.

 

9. Q Mall

Q Mall Banjarbaru

Q Mall Banjarbaru berada tepat di batas Kota Banjarbaru dengan Kabupaten Banjar (Martapura). Lokasi Q Mall Banjarbaru berjarak sekitar 1 Km dari Pusat Kota dan Pusat Perkantoran Pemerintahan Banjarbaru. Tepatnya sekitar 2 km dari Pusat Kota dari Ibukota kabupaten Banjar yaitu kota Martapura dan 5 km dari Area Pusat Perkantoran Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan.


Q Mall Banjarbaru di tempuh selama sekitar 25 menit dari Bandara Syamsuddin Noor dan berada di Jalan A. Yani.

 

10. Kampung Pelangi

Kampung Pelangi

Kampung Pelangi adalah Kawasan di Bantaran Sungai Kemuning yang terletak di Kelurahan Guntung Paikat, Kecamatan Banjarbaru Selatan. Daerah yang padat pemukiman ini sebelumnya terlihat sangat kumuh dengan jajaran rumah menjorok ke sungai, sekarang tampilannya sudah berubah drastis lebih tertata dan rapi.


Kawasan di pinggir sungai sudah tak ada lagi bangunan, melainkan berubah menjadi pedestrian cantik yang dilengkapi tempat duduk untuk bersantai. suasana lebih Sejuk karena banyak pepohonan serta bila malam tiba banyak lampu kelap-kelip menyala yang mempercantik kawasan ini.

 

11. Masjid Agung Al Munawwarah

Masjid Agung Al Munawwarah

Masjid Al Munawwarah terletak di Jalan Trikora No.9, Kemuning, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ). Masjid Al Munawwarah ini memiliki bangunan yang sangat luas dan megah, Masjid yang didominasi warna hijau dan kuning ini diresmikan Tanggal 01 Juli 2010 oleh wali kota yang menjabat saat itu, yaitu Rudy Resnawan.

 

12. Kebun Raya Banua

Kebun Raya Banua

Kebun Raya Banua merupakan salah satu kebun raya yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan. Dimana untuk lokasinya sendiri yakni berada di dalam kawasan Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatab, tepatnya di Banjarbaru. Untuk perencanaan pembangungan dari kebun raya ini dilakukan pada 13 Februari 2013. Dimana dicanangkan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, H. Rudy Resnawan.

 

13. Amanah Borneo Park

Pintu Masuk Amanah Borneo Park


Salah satu wahana Amanah Borneo Park

Amanah Borneo Park (ABP) adalah destinasi wisata terbesar di Kalimantan. Wahana edukasi dan taman rekreasi, agrowisata, camping ground, Didukung fasilitas umum terlengkap, harga tiket masuk yang ekonomis, siap memanjakan momen liburan Anda bersama keluarga.


Amanah Borneo Park berlokasi di Daerah Palam kota banjarbaru atau tepatnya di Jl. Taruna Bhakti, RT.12/RW.04, Palam, Kec. Cempaka, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan 70731.

 

14. Rumah Pohon

Rumah Pohon

Rumah Pohon menjadi satu spot wisata unik di Banjarbaru di mana dengan tema rumah yang berada di pohon. Lokasinya berada di kawasan Cempaka Banjarbaru.


Di area lokasi ini selain rumah Pohon juga ada tempat unggas dan juga ada area outbond. Rumah Pohon berlokasi di beruntung jaya, rt 34 dan rw 11 sel tiung cempaka, kota banjarbaru.

 

15. Kampung Purun

Kampung Purun

Kampung Purun terletak di Jl. Palam, Palam, Cempaka, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan 70731. Kampung Purun ini Unik meskipun termasuk wilayah perkotaan, Kampung Purun memiliki suasana Pedesaan dengan semangat gotong royong dan kesederhanaan sehingga sangat berpotensi untuk dijadikan sebuah destinasi wisata unggulan Kota Banjarbaru.


Kampung Purun memiliki lokasi yang strategis karena dari Kampung Purun kita bisa :

  • ke Kantor Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan hanya sekitar 5 menit.
  • ke Bandara Syamsuddin Noor hanya sekitar 10 menit.
  • ke Balaikota Banjarbaru (pusat kota) hanya sekitar 15 menit, dan
  • ke pasar modern/QMall Banjarbaru hanya sekitar 20 menit.

Serta didukung dengan lokasi objek wisata Amanah Borneo Park, Kebun Raya Banua & Danau Seran yang berdekat.

 

16. Danau Galuh Cempaka

Danau Galuh cempaka

Danau Galuh Cempaka merupakan perairan yang terbentuk akibat sisa penambangan, namun memiliki keindahan yang begitu menawan. Apalagi ketika matahari mulai terbenam, pesona danau semakin terlihat.


Danau Galuh Cempaka  ini beralamat di Jalan Purnawirawan Kelurahan Palam Banjarbaru, kira-kira berjarak 3 kiloan dari kantor kelurahannya. Namun danau yang dulunya sempat Viral ini kabarnya sudah tidak beroperasi lagi.

 

17. Danau Seran

Danau Seran

Danau Seran yang kaya pesona dan menjadi objek wisata alam terbaik di Banjarbaru. Danau nan indah yang menawarkan beragam wahana yang menarik untuk dikunjungi. Danau Seran terbentuk akibat bekas galian yang tidak terpakai atau terbengkalai, kemudian menjadikan tempat ini pun digenangi oleh air.


Selanjutnya dari waktu ke waktu, tanpa diduga bisa menjelma menjadi sebuah danau indah yang saat ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Untuk bisa ke Danau Seran dari pusat Kota Banjarbaru memerlukan waktu sekitar 20 menit , yaitu terletak di Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin.

 

18. Danau Caramin

Danau Caramin

Danau Caramin berada di ujung aspal Jalan Guntung Manggis, air danaunya cukup bening dan berwarna agak kebiruan/tosca, lokasinya mudah sekali di jangkau. Danau Caramin di Banjarbaru tergolong wisata alam buatan yang seakan tidak mau kalah dengan objek wisata lain. Meski sangat sederhana, namun warga sekitar kerap mendatangi Danau Caramin untuk menikmati keindahan dan ketenangan.


Danau Caramin memang hanya bertahan sejenak dan kabarnya sudah di tutup permanen Sehingga tidak banyak yang bisa ditemukan dan dilakukan. Namun untuk sebagian orang, hal tersebut tidak menjadi halangan. Bahkan tidak sedikit yang merasa bahwa pesona keindahan pemandangan danau masih tetap menarik. Untuk bisa kesana dari pusat kota Banjarbaru bisa di tempuh sekitar 20 Menit.

 

19. Aquatica Water Park

Aquatica Waterpark Bhayangkara

Aquatica Waterpark dan Playground adalah tempat main air yang ada di Banjarbaru yang merupakan fasilitas kolam renang bagi warga dan wisatawan yang datang. Letaknya hanya 7 KM dari Bandara Syamsudin Noor International Airport tepatnya beralamat di Jl. Trikora Komplek Griya Pesona Bhayangkara, Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan 70721


Di Aquatica Waterpark & Playground, memiliki wahana permainan lumayan banyak. Contohnya seperti kolam khusus balita, anak-anak dan dewasa. Pada lokasi juga terdapat outbound-outboundan meskipun seadanya. Tempat bilas, kamar mandi dan airnya lumayan bersih, terdapat live musik yang disediakan untuk para orang tua yang suka dengan musik.

 

Itulah beberapa tempat wisata di kota Banjarbaru yang bisa dikunjungi untuk mengisi waktu liburan kamu, dan biar internetan tetap lancar selama liburan, jangan lupa bawa modem Orbit yang koneksinya selalu bisa diandalkan. Dapatkan promo spesial tambahan 150GB selama 6 Bulan dengan Beli modem menggunakan kode refferal berikut : GRA57G9 atau klik link dibawah ini.




Baca Juga :

  1. Daftar Alamat Lengkap Grapari Telkomsel yang bisa di kunjungi di Area Kalimantan
  2. 5 Hal berikut wajib diketahui agar mendapatkan layanan paket Internet terbaik untuk di rumah (Fixed Broadband)
  3. Cara melakukan pembelian Paket Data Orbit dengan kode promo dari LinkAja di Aplikasi MyOrbit