:: :: Melayani Upgrade 4G, Ganti Kartu Hilang/Rusak, Pembelian Paket Internet Murah, Pasang baru Telkomsel Halo ::
1 / 3
Advertisement
2 / 3
Advertisement
3 / 3
Advertisement

Paket Kuota Data Internet Pendidikan Subsidi Kemendikbud Tahun 2021


Apa itu Paket Kuota Internet Pendidikan?

Kuota Intermet Pendidikan untuk pelanggan prabayar dan pascabayar Telkomsel (Kartu Halo, simPATI, Kartu As, dan LOOP) dimana pelanggan berhak mendapatkan paket-paket menarik yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh aplikasi dan website yang diizinkan oleh Kemendikbud. Adapun paket-paket tersebut antara lain:

Rincian Jumlah Kuota


Kuota Data Internet Kemendikbud merupakan Paket akses all net dengan pembatasan akses pada :

  1. Situs yang di blokir oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika, serta
  2. Twitter
  3. Instagram
  4. Facebook dan
  5. Tiktok

Daftar situs dan Aplikasi dapat berubah sesuai dengan kebijakan dari Kemendikbud yang dapat dilihat pada http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.


Kapan paket ini berlaku dan apa syarat-syaratnya?

Periode program berlaku sejak Maret – Mei 2021, dimana Paket Kuota Data Internet Kemendikbud ini akan diberikan langsung kepada pelanggan yang sudah terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (DAPODIK). Dengan periode inject paket mulai dari :

  1. Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama pada tanggal 11 sampai 15 Maret 2021.
  2. Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama pada tanggal 11 sampai 15 April 2021.
  3. Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama pada tanggal 11 sampai 15 Mei 2021.

Pelanggan (Siswa, guru, dosen dan mahasiswa) akan mendapatkan 1 paket setiap bulannya, sehingga pelanggan akan mendapatkan 3 paket selama 3 bulan periode bantuan.


Bagaimana cara menggunakan Kuota Belajar?

Kuota ini dapat digunakan untuk mengakses situs, URL, aplikasi yang di perbolehkan oleh Kemendikbud sesuai dengan poin 1. Jika ingin mengakses aplikasi yang di batasi oleh Kemendikbud dan tidak terkena payu pelanggan disarankan untuk membeli paket regular yang terdapat di MyTelkomsel Apps.


Mengapa saya tetap mengkonsumsi kuota internet reguler/ tarif dasar ketika mengakses aplikasi yang ada di Kuota Belajar?

Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal di antaranya:

  • Kuota Data Internet Kemendikbud telah habis
  • Pelanggan mengakses aplikasi yang dibatasi oleh Kemendikbud dan tidak memiliki kuota reguler
  • Jika pelanggan menggunakan aplikasi yang termasuk kedalam aplikasi yang dibatasi aksesnya oleh Kemendikbud, maka akan menggunakan kuota internet reguler yang dimiliki atau tarif dasar dengan biaya Rp120/20KB untuk prabayar (simPATI, KARTU As, atau Loop). Pastikan pelanggan memiliki kuota utama.

Bagaimana cara pelanggan mendapatkan paket ini?

Paket ini akan di berikan langsung sesuai dengan whitelist atau daftar yang di berikan oleh KEMDIKBUD yang sudah melewati proses verifikasi dan validasi serta berdasarkan STPJM (Surat pernyataan tanggung jawab mutlak) yang telah di setujui oleh Kemdikbud. Proses pemberian paket mengikuti jadwal dan ketentuan yang telah ditentukan oleh Kemendikbud (Cek Point 2A, 2B dan 2C)


Bagaimana pelanggan bisa mengetahui bahwa pelanggan telah terdaftar untuk program bantuan internet Pendidikan dari Kemendikbud?

Pelanggan dapat melakukan pengecekkan pada *363*844# (untuk prepaid dan postpaid) dan temukan pada menu “Pengecekkan Status Bantuan Kuota KEMDIKBUD”. Apabila status pelanggan belum terdaftar maka pelanggan dapat menghubungi PIC sekolah/kampus masing – masing terkait status nomer yang di daftar di DAPODIK.


Jika paket Kuota Pendidikan sudah habis masa aktif maupun kuota nya, apakah pelanggan dapat membeli paket tersebut kembali?

Tidak, namun pelanggan dapat membeli paket-paket dibawah ini:

  • Pelanggan dapat membeli paket Ilmupedia
  • Pelanggan dapat membeli paket conference
  • Pelanggan dapat membeli paket internet menarik Telkomsel lainnya

Apakah Pelajar, Mahasiswa, Guru dan Dosen akan dikenakan biaya untuk paket ini?

Tidak, harga paket ini adalah Rp. 0 Subsidi dari kemendikbud


Bagaimana cara melihat jumlah kuota yang sudah masuk dan yang sudah digunakan?

Anda bisa melakukan pengecekan melalui aplikasi MyTelkomsel atau lewat UMB dengan menghubungi *888#.


Apa yang terjadi ketika paket/kuotanya habis?

Jika tidak memiliki paket yang lain, Anda akan dikenakan biaya internet PAYU (Pay As Usage) sesuai dengan priceplan pelanggan. Jika memiliki paket yang lain, makan penggunaan akses layanan data akan mengkonsumsi kuota paket yang tersedia.


Apakah Paket Bantuan KUOTA BELAJAR bisa dikombinasikan dengan paket internet lainnya?

Bisa, paket ini ini bisa dikombinasikan dengan paket internet lainnya.

 

Bagaimana jika setelah tanggal 15 Maret 2021 (atau setelah akhir tanggal inject pada bulan berikutnya), paket/kuota pendidikannya belum juga didapatkan?

Pelanggan dapat menghubungi operator/pic sekolah untuk meminta dilakukan pengecekan dan diikutkan pada proses inject di bulan-bulan berikutnya, supaya bisa mendapatkan paket/kota pendidikan dari Kemendikbud.

Baca Juga :

  1. Cara Mendapatkan 3 Paket Kuota Belajar pilihan dari Telkomsel
  2. Apa itu Paket Kuota Belajar Rp10 dari Telkomsel ?
  3. Belajar Lancar di jaringan terkuat dengan Paket Kuota Internet Pendidikan Bantuan Kemendikbud dan Telkomsel hingga 45GB